Pada pertemuan kuliah MPTI minggu lalu, tepatnya hari kamis
tanggal 23 february 2012 kita kedatangan seorang pembicara dari Jurusan Teknik
SIpil ITS yang bernama Bpk. Tri Wahyu Adi , Phd. Pada pertemuan kali ini akan
membagi pengalaman beliau dalam hal menajemen proyek pada kuliah MPTI di SI.
Berikut materi-materi yang beliau sampaikan dalam kuliah tamu :
Definisi Proyek
Proyek merupakan sebuah aktifitas yang bersifat sementara
yang dilakukan dalam waktu yang terbatas dengan menggunakan alokasi dana
tertentu dan bermaksud untuk melakukan tugas yang sudah di rencanakan dan di
tetapkan secara jelas.
Triangle Constraint
Dari gambar diatas merupakan bagian terpenting dari proyek
yang saling berkaitan sat dengan lainnya. Yang dimaksud berkaitan adalah sebuah
barang yang berkualitas pastilah membutuhan biaya yang sangat besar dan waktu
yang dihabiskan otomatis semakin lama. Dan
untuk menyeimbangkan dari ketiga kategori tersebut di butuhkan project manager
yang efektif.
Berikut merupakan contoh proyek-proyek yang besar di dunia :
- · Proyek jalan flyover di Jepang
- · Gedung pencakar langit di New York.
- · Bird Nest Di Shanghai.
PMBOK
Merupakan singkatan dari Project Management Body of Knowledge.
Di dalam PMBOK terdapat 9 hal keilmuan yang dapat kita pelajari :
·
Core : Project Scope
·
Frame : Project Integration
·
Support : Human Resource Management, Communication
Management, Risk Management, Procurement Management.
Berikut define dari masing-masing
fungsi tersebut :
1. Scope
Management
Merupakan salah satu Ilmu dari manajemen proyek yang mempelajari
bagian-bagian dari project yang harus dilakukan atau bukan dan perbagian dari
project yang akan di lakukan.
2.
Time Management
Salah
satu contohnya dengan membuat WBA, yang merupakan list pekerjaan disertai dengan
dengan siapa penanggung jawab dari pekerjaan tersebut.
Dalam
pembuatan schedule terdapat 2 jenis schedule, yaitu Deterministic
Schedule dan Probabilistic Schedule.
3. Cost
Management
·
Cost
Estimating : Merupakan cara manajemen yang dilakukan untuk mengestimasi
biaya muali dari awal proyek sampai akhir proyek nantinya.
·
Cost
Budgeting : Merencanakan penganggaran biaya dari proyek dengan estimasi
yang telah dilakukan
·
Cost
Control : langkah pengontrolan biaya dalam proyek.
4. Quality
Management
·
Quality Planning : Perencanaan dari segi waktu,
biaya, product defect, mitra, hingga project design.
·
Quality Assurrace : Jaminan hasil sesuai dengan
kulaitas.
·
Quality Control : pengontrolan kualitas dengan standard.
5. Risk Management
·
Risk Identification.
·
Risk Analysis.
·
Risk Response.
·
Risk Monitoring.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar