Januari 05, 2011

"Indahnya Dunia Jika Kita Sehat"

Sebagai seorang mahasiswa yang baru di sebuah perguruan tinggi negeri di surabaya. saya sekarang lebih memiliki sejumlah kegiatan yang menurut saya sangat extreme meningkat. di saat kita masih di bangku SMA kita masih sempat untuk bermain ataupun menyempatkan waktu luang. namun beda dengan sekarang, semua kegiatan kuliah mulai dari pengkaderan, tugas, ataupun praktikum secara otomatis menyita waktu kita dengan sempit. 

Ini menjadi hal dan tantangan baru bagi kita yang harus dihadapi. dengan adanya banyak kegiatan seperti itu kita terkadang suka melupakan sesuatu yang sangat penting, yaitu makan dan istirahat. hal tersebut mengapa dikatakan sangat penting? karena semua kekuatan dan energi yang kita pergunakan dalam semua kegiatan kita berawal dari sana. jujur saja, saya juga sering melupakan hal tersebut dikarenakan banyaknya tugas dan praktikum yang bertubi-tubi. hingga saya merasakan sakit di perut dan terkena mag. hal tersebut sangat memukul saya dan semenjak hal tersebut saya mulai memperhatikan pola makan saya yang bercukupan gizi. karena kita sebagai mahasiswa harus bisa menjaga kesehatan kita karena jika kesehatan kita kurang terjaga maka mungkin kegiatan kita pasti terganggu. 

kali ini saya akan memberikan tips-tips menjaga kesehatan :



1. Cukup Istirahat / Tidur.
Meskipun kita memiliki banyak sekali kegiatan ataupun tugas, tetap sempatkanlah tidur atau istirahat walaupun sebentar minimal minimal 3jam agar kita dapat merefress kinerja otak kita yang terus menerus kita pompa untuk menghadapi kegiatan. karena tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan energi di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan diri kita dari berbagai serangan penyakit yang merugikan.

 
2. Makan Makanan yang Bergizi.
Makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi kinerja kita dalam malakukan kegiatan. oleh karena itu, makanlah makanan yang bergizi dan jangan berlebihan tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit. seperti Rosul yang menyarankan kita berhentilah makan sebelum kenyang. pasti dengan pola makan seperti itu tubuh kita kan menjadi sehat dan bugar. serta siap menhadapi kegiatan kita. sebagai contoh makanannya : buah-buahan, daging, susu, nasi merah, roti ataupun kentang. 


3. Jagalah Psikis dan Psikologi. 
Banyak orang yang merasa tertekan setelah mendapatkan banyak sekali tuga dan pekerjaan yang mereka kerjakan. dengan keadaan tersebut kita akan mudah sekali stress dan membuat kegiatan kita terganggu. karena sebuah Psikologi dari seseorang itu menentukan kondisi fisik yag dia alami. jika Psikis mereka terganggu secara otomatis dia pun akan mudah sakit. jadi, hindariah menunda-nunda pekerjaan anda karena jika pada saat anda di tagih pekerjaan tersebut maka kepanikan akan datang dan kita pun akan stress di buatnya. maka buatlah sebuah jadwal yang tepat untuk mengatur kegiatan anda.



4. Olah Raga yang Teratur.
Hal ini sering di remehkan oleh banyak orang karena mereka beranggapan bahwa olah raga itu tidak penting dan ribet. justru menurt saya dengan berolah raga yang cukup dan teratur tidak perlu lama-lama akan membentuk kesehatan tubuh kita. dengan olah raga daya tahan tubuh untuk mencegah penyakit dalam tubuh kita akan semakin meningkat dan dengan begitu kita tidak mudah terserang penyakit. untuk berolah raga tidaklah susah, dengan meluangkan waktu di pagi hari dengan berjalan atau belari mengelilingi kompleks rumah dan melakukan peregangan tubuh di depan rumah dengan cuaca yang masih segar seperti itu akan membentuk tubuh yang sehat dan siap untuk melakukan rutinitas kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar